legenda valinor

kembali mengulas legendarium dari J.r.r Tolkien nih sob, walaupun dibilang udah jadul banget tapi menurut gue enggak ada matinya deh! 
ini untuk yang belum tau saja ya, bagi yang sudah termasuk TolkienFreak gak usah dibaca, pasti udah pada hapal dan enggak asing dengan apa yang bakal gue sebutin di postingan ini! so, diam dan lihatlah...

(Valinor ilustrated)
kali ini gue mau mengulas tentang sebuah pulau yang luar biasa indah, pulau itu bernama Valinor atau bisa disebut juga dengan Tanah Valar. dalam buku The Silmarilion diceritakan bahwa tempat ini berada di tengah samudera dan masih berada dalam lingkup benua Aman, yaitu sebuah benua di sebelah barat dari Arda (dunia fiksi milik J.r.r Tolkien). begitu hebatnya karya beliau, bahkan sebuah benua dan pulau yang tidak pernah masuk dalam jalur cerita di the Lord of The Rings Trilogy maupun The Hobbit dibuat dengan begitu mendetil hinga sedetil detilnya! 


kembali ke Topik, Valinor ini adalah tempat bagi Valar yaitu ras kehidupan pertama yang dikirimkan ke dunia untuk menyebarkan kehidupan dan cahaya bagi Arda, karena sebelum para Valar dikirim Arda merupakan sebuah Planet gelap gulita yang enggak ada apa-apanya! para Valar yang dikirim berjumlah 15 Orang  namun ada satu diantara para Valar yang berbeda prinsip dan membangkang dari jalurnya, namanya ialah Melkor, seorang valar yang mempunyai tampang garang dan begitu serem, dia menginginkan Arda, dan pengen menguasai arda. namun tentu saja para valar tidak tinggal diam dan ke empat belas Valar mencoba untuk melawan Melkor namun gagal, kemudia para Valar di usir dari Almaren, yaitu tempat mereka tinggal sebelum di Valar. ketika Almaren di hancurkan oleh Melkor para valar memisahkan sebuah pulau dan menjauhkannya dari Almaren. sebenarnya ada beberpa sumber yang menyebutkan bahwa Almaren masih selamat dan tersisa hingga abad ketiga di Arda, namun belum ada yang mengetahui pasti karena J.R.R Tolkien sendiri keburu Wafat sebelum mengulas lebih jauh tentang hal ini.

Valinor di sebut juga tThe Undying Land atau Negeri Tanpa Kematian, karena setiap Individu yang diijinkan  untuk menetap disana bukan mahkluk sembarangan! yaitu jiwa yang hidup abadi, seperti ras Elf, para Istari dan beberapa tokoh penting yang diijinkan untuk masuk kesana, termasuk Frodo dan Bilbo Baggins yang diperbolehkan menetap disana karena mereka pernah mengikat hidup mereka dengan The One Ring, yaitu cincin sakti yang merupakan tersangka utama dari cerita The Lord of The rings, serta Legolas dan Gimli karena mereka juga turut berperan serta dalam penghancuran The One Ring. 

(Valar Ilustrated)
setiap Valar mempunyai daerah-daerah sendiri yang mereka tinggali, dan nama daerah tersebut juga memakai nama para Valar, seperti , Valmar, Tirion, Isle of Este, Halls of Mandos dan sebagainya.

sebenarnya sebelum era kehancuran Numenor ( Nanti ada postingan sendiri mengenai Hal ini!)  Valinor masih bisa dilihat oleh siapapun, tapi tidak boleh menginjakkan tanahnya karena mereka tidak mempunyai ijin kesana, namun ada salah satu peristiwa yang mengubah sejarah Valinor, yaitu ketika Sauron atau Abdi setia dari Melkor dalam wujud manusianya menghasut Raja tertinggi bangsa numenor saat itu Ar-Pharazon untuk menghancurkan Valinor, sebelum bangsa Numenor sampai ke perbatasan antara Aman dan Numenor, Numenor telah di luluh lantakan terlebih dahulu oleh para Valar dengan sihirnya, valinor kemudiar di hapus dari  peta dan kemudian di  asingkan dari bumi tengah ke tempat yang tidak dapa seorang pun bisa kesana!  hanya ras Elf yang bisa ke sana atas izin dari para Valar tentunya. 

oiya, disana juga terdapat sebuah kisah tentang dua buah pohon bercahaya yang disebut Two Trees of  Valinor,  satu berwarna perak dan satunya lagi berwarna emas, yang perak bernama Telperion dan yang emas bernama Laurelin, kedua pohon itu dianggap pohon yang paling suci seantero Arda, karena dua pohon itulah yang menciptakan siang dan malam bagi Arda, dimana Telperion sang Perak akan terang ketia gelap tiba dan Laurelin akan berwarna Kuning keemasan ketika senja tiba. namun melkor secara tidak langsung merasa terganggu dengan adanya dua pohon tersebut dan dia pun memanggil Ungoliath yaitu Laba-laba raksasa yang merupakan orang tua dari Shelob (di Film Lord of The Rings: The Return of The Kings) untuk menghancurkan kedua pohon tersebut. rencana Melkor sukses besar, kedua pohon itu hancur hingga Arda kembali gelap!

(Telperion  and  Laurelin ilustrated By Roger Garland)
kemudian sisa dari kedua pohon tersebut di ambil oleh dua  Valar yaitu Yavanna dan Nienna, mereka berniat menghidupkan kembali pohon tersebut untuk menerangi arda lagi. dengan air mata Yavanna dan Nienna mencoba membangkitkan telperion dan Laurelin namun mereka hanya bisa menghidupkan cahaya terakhirnya, maka terbentuklah matahari dan bulan gitu lo. 
Telperion yang berwarna perak menjadi Bulan dan Laurelin Yang berwarna keemasan menjadi Matahari.

dalam The Silmarilion di sebutkan kedua pohon tersebut diciptakan oleh air mata Yavanna dan Nienna,  setelah kedua cahaya besar arda Yaitu Illuin perak di selatan Arda dan Illuin Emas di Barat arda di hancurkan oleh Melkor karena tidak menyukai cahaya, Melkor sendiri lebih menyukai kegelapan!


(Melkor and Ungolianth  beside Telperion and Laurelin)










sisa-sisa dari cahaya Illuin kemudian dibawa menuju Valinor, kemudian Yavanna dan Nienna menangis hinga air matanya membasahi sisa cahaya illuin. maka terbentuklah kedua pohon tersebut!












nah, sebenarnya masih banyak lagi yang belum di jelaskan mengenai Valinor secara lengkap,  berhubung gue nulisnya enggak copas dan semuanya murni tulisan gue tentu saja ada batasannya! lagipula enggak ada forum ataupun blog di Indo yang mengulas beginian! makanya perlu di translate dolo biar bisa di baca, 
segitu dulu kayaknya deh, lain kali kita akan membahas para Valar, oh iya kalo ada yang kurang atau kesalahan penulisan, boleh kok di share di Koment! 
bye...